Warga Sengkuang Usulkan Inovasi Dalam Percepatan Vaksinasi di Batam: Kasih Minyak Goreng Kalau Bisa!

oleh -
Masyarakat
Salah satu warga yang divaksin saat vaksinasi di Pasar Melcem Kekurahan Tanjungsengkuang. (Foto: Chandra)

Lentera Batam – Meskipun saat ini animo masyarakat Batam untuk divaksin Covid-19 cukup tinggi, namun masih ada sebagian yang masih belum menjalani baik dosis pertama maupun dosis kedua hingga booster.

Berbagai faktor menjadi penghambat, mulai dari kesibukan bekerja, hingga enggan untuk divaksin dengan berbagai alasan, takut disuntik, takut demam dan lainnya.

Ditambah lagi pandeni yang berimbas pada ekonomi masyarakat. Sehingga mereka pun lebih mementingkan mencari uang untuk memenuhi kebutuhan ketimbang harus pergi vaksinasi.

Hal itu juga yang diusulkan oleh perangkat RW yang ada di Kelurahan Tanjungsengkuang, Kecamatan Batuampar, saat pelaksanaan gerai vaksinasi oleh Polsek Batuampar dan Puskesmas di Pasar Melcem akhir pekan kemarin.

Baca: Bekerjasama dengan Apindo, Tim Gurindam 12 Vaksinasi 2039 Warga di One Mall Batam

Menurut Aan Afriansyah, Ketua RW 18 Kelurahan Tanjungsengkuang, gerai vaksinasi yang dilakukan diharapkan memiliki inovasi yang dapat meningkatkan daya tarik masyarakat.

Meski pelaksanaan waktu itu pencapaian vaksinasi melebihi target, namun tetap belum sebanding dengan jumlah masyarakat yang belum divaksin.

“Kami mendukung program percepatan vaksinasi. Namun kalau bisa kegiatan seperti ini (vaksinasi) bisa dirangkai dengan berbagai kegiatan lainnya,” ungkapnya, Sabtu (19/3/2022) kamarin.

Semisal, sebelum dilakukan vaksinasi pada hari libur, diawali dengan senam pagi, atau kegiatan bermanfaan lainnya untuk masyarakat. Atau juga diselingi dengan memberikan bantuan yang dapat meringankan masyarakat.

Baca: Gelar Cipkon, Polsek Bengkong Bubarkan Gerombolan Remaja yang Nongkrong Hingga Larut Malam

“Sekarang minyak lagi mahal-mahalnya. Bisa juga setiap warga yang divaksin dapat minyak. Pasti banyak yang mau datang tanpa diminta,” celetuknya, yang langsung disambut perkataan setuju oleh warga lainnya.

Hal ini pun sudah dilakukan di berbagai daerah, sehingga daya tarik masyarakat untuk divaksin semakin tinggi.

“Sekarang ini semua masyarakat terdampak pandemi. Semoga bisa terealisai hal seperti itu,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bak gayung bersambut, upaya Polsek Batuampar untuk menjemput bola dalam mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayahnya disambut antusias oleh masyarakat.

Seperti pelaksaan vaksinasi yang diselenggarakan di Pasar Melcem, Kelurahan Tanjungsengkuang, Kecamatan Batuampar, Kota Batam, Sabtu (19/3/2022), melebihi jumlah yang ditargetkan.

Bahkan, masyarakat terus berdatangan sejak kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB, hingga siang ini, pukul 13.41 WIB.

Kapolsek Batuampar, Kompol Salahuddin, mengatakan, untuk pelaksaan vaksinasi kali ini, pihaknya yang bekerjasama dengan Puskesmas Batuampar, menyiapkan vaksin AstraZeneca untuk dosis pertama, kedua dan Booster.

“Ini merupakan upaya kita mempercepat proses vaksinasi dengan cara menjemput bola ke tengah masyarakat. Target awal adalah vaksinasi untik 200 orang. Namun pelaksaan kali ini melebihi target,” ungkap Salahuddin. (Chandra)

No More Posts Available.

No more pages to load.