Warga Sambau Dukung Penuh Pelaksanaan TMMD ke 116: Kami Sangat Terbantu

oleh -
Prajurit TNI bersama warga tengah melalukan perataan jalan tanah agar bisa dilakukan pengecoran. (Foto: dok)

LenteraKepri.com, Batam – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 Tahun 2023 di Kavling Seraya, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam berdampak positif bagi masyarakat setempat.

Betapa tidak, sebelumnya warga yang masih tergolong terisolir karena akses jalan masih tanah, begitu TMMD selesai dilaksanakan akan berubah menjadi jalan beton.

“Kami selaku masyarakat setempat sangat senang daerah kami dipilih untuk pelaksanaan TMMD. Kami benar-benar terbantu,” ujar salah satu warga, Linda, ketika dimintai pendapat usai pembukaan TMMD, Rabu (10/5/2023).

Baca: Wujud Sinergitas TNI Bersama Masyarakat, Walikota Batam Buka TMMD ke-116 Tahun 2023

Menurutnya, warga setempat sangat mendukung terlaksananya kegiatan ini. Tidak hanya dari sarana dan prasarana, namun rasa kekeluargaan yang erat semakin terjalin antara sesama warga dan juga para personil TNI.

“Adanya TMMD ini, warga menjadi tambah rukun dan gotong royongnya dihidupkan kembali. Semangat kebersamaan ini juga membuat hidup warga akan bertambah baik, maju dan damai,” tambahnya.

Seperti berita sebelumnya, Walikota Batam Muhammad Rudi selaku Inspektur Upacara TMMD ke-116 Tahun 2023 dalam amanatnya mengatakan, TMMD ini adalah wujud operasi dan program TNI-AD dalam mendukung percepatan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan di daerah.

Dandim 0316 Batam Letkol Inf Galih Bramantyo, selaku Komandan Satgas TMMD ke-116 tahun 2023 mengungkapkan, kegiatan TMMD ini meliputi kegiatan fisik dan non fisik.

Baca: Dandim 0316 Batam Jabarkan Rincian Kegiatan TMMD ke-116 Tahun 2023

Ia menjabarkan, untuk kegiatan fisik yang dilakukan berupa semenisasi jalan sepanjang 1.448 meter, pemasangan gorong-gorong box culvenrt dan pemasangan saluran U 40 sepanjang 345 meter.

“Selain itu, dalam kegiatan TMMD ini juga dilakukan kegiatan nom fisik seperti, penyuluhan hukum; kesehatan; narkoba; radikalisme; KB kesehatan dan stunting; ekonomi kreatif dan penyuluhan bela negara,” kata Galih, saat pembukaan Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 116 TA. 2023 di Kavling Seraya, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Rabu (10/5/2023). (cr1)