Ingin Mendapatkan Uang dari Hasil Penjualan Karya NFT di OpenSea Seperti Ghozali?, Begini Caranya

oleh -
ghozali
Mahasiswa yang mendapatkan Rp1,5 miliar dari hasil penjualan foto delfie nya. (Ist)

Lentera Jakarta – Baru-baru ini jagat maya dihebohkan dengan geliat seorang Mahasiswa semester7 Prodi Animasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang Ghozali Everyday. Dirinya mendapat Rp 1,5 miliar dari penjualan NFT foto selfie-nya.

Mahasiswa ini menjual karya NFT tersebut di marketplace OpenSea. tentunya, banyak yang penasaran bagaimana cara menjual karya NFT seperti yang dilakukan mahasiswa bernama asli Sultan Gustaf Al Ghozali ini? Dikutip dari laman OpenSea, berikut cara menjual karya NFT yang bisa dicoba mahasiswa.

Namun perlu dicatat, untuk penjualan pertama, seorang pemilik karya NFT di OpenSea dikenakan biaya transasi bernama Gas Fee untuk inisialisasi akun dan akses item. Jika tidak ingin terkena Gas Fee, OpenSea menyarankan untuk berjualan dengan Polygon ketimbang Ethereum.

Baca: Muhammad Rudi Tinjau Proyek Pelebaran Jalan dan Pembangunan Drainase DAM Baloi

Jika menggunakan metode lelang untuk pertama kali, maka harus menggunakan mata uang WETH, yang nilainya sama dengan ETH. Setelah proses penayangan ke laman penjualan selesai, akan muncul konfirmasi pop-up. Bagikan ke media sosial untuk memancing lebih banyak yang membeli karya NFT kamu.

Untuk melihat karya NFT yang sudah kamu tayangkan untuk dijual, kembali ke laman profil lalu pilih tab Activity. Nah, jadi enggak bingung lagi ya detikers bagaimana cara menjual karya NFT seperti Ghozali Everyday di OpenSea.

Cara Menjual Karya NFT seperti Ghozali Everyday

  1. Buka laman opensea.io
  2. Klik ikon profil dan klik tab Create di kanan atas.
  3. Di laman pembuatan item NFT, unggah dokumen NFT, beri nama, dan tuliskan deskripsinya.
  4. Kustomisasi sesuai keinginan, seperti meletakkannya di koleksi yang sudah ada, menambahkan properti, data progres numerik dan grafik, dan pengaturan tayangan konten untuk publik.
  5. Pilih blockchain yang ingin digunakan untuk NFT. Blockchain adalah teknologi dasar yang memungkinkan perekaman transaksi. Opensea menyediakan opsi blokchain Ethereum dengan token ETH, Polygon dengan token MATIC, dan Klatyn dengan token KLAY. Sebagai informasi, Ghozali Everyday diketahui mencairkan uangnya dari token ETH.
  6. Kembali ke laman utama, pilih ikon gambar profil di kanan atas, lalu klik Profile
  7. Pilih NFT yang akan kamu jual dari Wallet.

Baca: Kisruh Lahan di Kompleks Cahaya Garden Berakhir di PN Batam, PT Mitra Bintang Putra Pemilik Sah

  1. Klik Sell di kanan atas.
  2. Di laman Listing Page, pilih harga dan jenis penjualan. Fixed Price adalah jenis penjualan dengan harga tetap. Sementara itu, Timed Auction adalah jenis penjualan dengan lelang berjangka waktu.
  3. Jika memilih Timed Auction, atur waktu penjualan dengan opsi 1 hari, 3 hari, 1 minggu, atau jumlah hari lainnya.
  4. Saat berjualan, kamu bisa menawarkan beberapa barang sekaligus dari koleksi atau kelompok yang berbeda.
  5. Jika kamu ingin menjual NFT khusus untuk satu orang pembeli, salin dan tempel (paste) alamatnya ke kolom Reserve for Specific Buyer.
  6. Dari opsi-opsi penjualan di atas, akan muncul potensi biaya yang berbeda-beda. Contoh, dengan harga 1 ETH, durasi 6 bulan, disiapkan untuk pembeli spesifik, akan muncul biaya Service Fee 2,5% dan Creator Royalty 10%. Total 12,5% ini adalah persentase tertinggi yang bisa dipotong OpenSea untuk penjualan sebuah NFT di platformnya.
  7. Selesaikan penjualan dengan menandatangani transaksi agar OpenSea dapat menjual karya NFT atas nama kamu.(red)

Artikel ini dilansir dari detik.com dengan judul ‘Cara Menjual Karya NFT seperti Ghozali Everyday di OpenSea’.

No More Posts Available.

No more pages to load.