Patut Dicoba, Berikut Beberapa Upaya Mengantisipasi Sepeda Motor Tidak Dicuri dari Polsek Bengkong

oleh -
Sepeda Motor
Ilustrasi pencurian sepeda motor. (Foto: Ist)

LenteraKepri.com, Batam – Tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) dengan sasaran sepeda motor hingga kini masih menimbulkan keresahan bagi masyarakat di Batam. Tidak luput juga bagi warga Bengkong, bahkan laporan kehilangan sepeda motor sering diterima Polsek Bengkong.

Kapolsek Bengkong, Iptu Doddy Basyir, mengatakan, tindak kejahatan seperti curanmor terjadi dikarenakan adanya kesempatan. Karena itu, selain penindakan yang dilakukan juga diperlukan kesadaran dari warga senidir untuk meningkatkan keamanan kendaraannya.

“Upaya pencegahan sangat penting dilakukan, agar tindak pidana tersebut tidak terjadi. Khusus untuk menghindari curanmor, warga bisa lebih meningkatkan keamanan kendaraannya,” ujar Doddy, Rabu (22/5/2024).

Baca: Kodim 0316/Batam Gelar TMMD ke 120 di Kampung Kabil Nongsa

Ia menjelaskan, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan seperti, memasang kunci ganda kendaraannya. Bisa juga kunci tambahan dipasang saat diparkirkan di depan rumah.

“Pastikan kendaraan yang ditinggalkan untuk parkir sudah dalam kondisi aman, dalam artian sudah dipasang kunci ganda,” jelasnya.

Selain itu, pemasangan CCTv di depan rumah juga sangat membantu dan dapat mempersempit upaya pelaku tindak kejahatan untuk beraksi.

“Saat pelaku ingin beraksi namun melihat adanya CCTv, pastinya mereka lebih waspada dan bisa saja mengurungkan niatnya untuk mencuri. Kalaupun masih nekat, aksinya akan terekam CCTv sehingga bisa membantu memudahkan pihak kepolisian untuk mengetahui ciri-ciri pelaku,” tambahnya.

Di samping itu, pihaknya juga akan terus meningkatkan patroli ke daerah pemukiman warga serta lokasi yang dianggap rawan terjadi tindak kejahatan.

Baca: Tebing Jalan di Bengkong Indah Atas Longsor, Kapolsek Imbau Warga untuk Mengungsi

“Dengan semakin sering personil patroli, tentunya akan mempersempit kesempatan pelaku untuk beraksi,” lanjutnya.

Ia juga meminta warganya untuk sama-sama meningkatkan kewaspadaan dan selalu bekerjsama dengan pihaknya untuk menjaga kamtibmas di lingkungan tempat tinggal.

“Tingginya kesadaran masyarakat dalam mengantisipasi tindak kejahatan dan peran kami yang meningkatkan patroli, semoga bisa mempersempit ruang serta kesempatan bagi para pelaku untuk melakukan kejahatan,” katanya lagi.

Baca: Antisipasi Kenaikan Tarif Ocean Freight Pada Harga Kebutuhan Pokok, Gustian Riau: Kita Koordinasikan ke Pusat!

Kanit Reskrim Polsek Bengkong, Iptu Marihot Pakpahan, meminta kepada orang tua untuk lebih serius mengawasi anak-anak untuk mencegah keterlibatan anak dalam tindak pidana atau kenakalan remaja.

“Awasi anak-anak kita, jangan biarkan pulang hingga larut malam yang bisa menimbulkan potensi hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Marihot.

No More Posts Available.

No more pages to load.