Ini Hari Penting yang Diperingati Setiap Bulan Februari

oleh -
Hari kavaleri diperingati setiap tanggal 40 februari. (Ist)

Lentera Batam – Memasuki Bulan Februari, tentunya kebanyakan orang memikirkan hari kasih sayang. Hanya saja, perlu diketahui bahwa masih banyak hari penting lainnya yang diperingati setiap Bulan februari.

Hari penting dan bersejarah itu diperingati oleh dunia maupun secara nasional di Indonesia. Berdasarkan dari berbagai sumber, lenterakepri.com, telah merangkum hari-hari penting yang diperingati selama Bulan Februari.

4 Februari: Hari Kanker Sedunia

Hari Kanker Sedunia diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan pencegahan, deteksi dini, dan pengobatan kanker. Hari Kanker Sedunia dibentuk oleh Union for International Cancer Control untuk mendukung Deklarasi Kanker Dunia, yang dibuat pada tahun 2008.

Baca: Cara Mudah Mengatasi Kartu ATM yang Terblokir

5 Februari: Hari Peristiwa Kapal Tujuh

Sejarah peristiwa Kapal Tujuh Provinsi terjadi tanggal 5 Februari 1933 dini hari di pantai lepas Sumatera ketika Indonesia masih diduduki oleh pemerintah kolonial Hinda Belanda. Terjadi “pemberontakan” atau perlawanan dari awak kapal perang “De Zeven Provincien” milik pemerintah kolonial.

Aksi perlawanan di atas bahtera dalam pelayaran menuju Surabaya dengan upaya pengambil-alihan kemudi itu terjadi karena diturunkannya upah para awak kapal sebesar 17 persen. Terdapat latar belakang mengapa peristiwa tersebut terjadi hingga menjadi sorotan dalam sejarah Indonesia.

5 Februari: Hari Lahir Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) adalah organisasi mahasiswa yang didirikan di Yogyakarta pada tanggal 14 Rabiul Awal 1366 H bertepatan dengan tanggal 5 Februari 1947, atas prakarsa Lafran Pane beserta 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam (sekarang Universitas Islam Indonesia).

Baca: Jatanras Polres Tanjungpinang Amankan Pelaku Penganiayaan, Kasat Reskrim: Korban Ditusuk dan Dipukul Lantara Cemburu

9 Februari: Hari Kavaleri

Hari Kavaleri Indonesia diperingati pada tanggal 9 Februari setiap tahunnya dan tahun ini bertepatan jatuh pada hari Selasa (9/2/2021). Hari Kavaleri diperingati sejak tahun 1950 dan merupakan hari dibentuknya satuan lapis baja oleh KSAD Kolonel Abdul Haris Nasution melalui Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat nomor 5/KSAD/PNPT/50 tanggal 9 Februari 1950.

9 Februari: Hari Pers Nasional

HPN atau Hari Pers Nasional diselenggarakan bersamaan dengan hari ulang tahun Persatuan Wartawan Indonesia, berdasarkan keputusan presiden tahun 1985. Pers nasional dianggap berjasa besar dan mengambil peranan penting dalam upaya pembangunan masyarakat dan pengamalan Pancasila.

HPN dirayakan bergantian di tiap provinsi. Landasan ideal HPN ialah sinergi. Sinergi antar komponen pers, masyarakat dan pemerintah, seperti tergambar pada untaian pita (umbul-umbul) yang membentuk huruf HPN.